Menu

Selasa, 26 April 2016

Wheel Aligment

       Pernahkah anda membawa mobil ke bengkel untuk sporing? Nah, sporing inilah yang disebut dengan geometri roda. Geometri roda disebut juga dengan wheel aligment. Mungkin artikel ini lebih cocok buat mereka yang masih sekolah, karena ketika di SMK wheel aligment ini juga dipelajari di kelas 2 dan kelas 3 smk.
    Gabungan dari sistem kemudi dengan sistem suspensi harus menghasilkan stabilitas kendaraan, yaknni stabilitas dalam hal mengemudi mobil dan juga daya balik kemudi yang baik.
     Jadi untuk menghasilkan stabilitas kendaraan, maka sistem suspensi dan sistem kemudi perlu diatur/di setel. Pengaturan inilah yang disebut dengan spooring atau wheel aligment. 

Pengertian wheel aligment

     Wheel aligment adalah penyetelan sudut geometeris seperti camber, steering axis incination, caster, toe angle dan turning radius, untuk menghasilkan stabilitas kendaraan, stabilitas pengemudian serta membuat komponen-komponen yang berkaitan (komponen sistem kemudi, sistem suspensi, ban dll) menjadi lebih awet. Definisi dari wheel aligment juga dapat diartikan sebagai suatu penyetelan yang meliputi komponen suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan.
      Front Wheel aligment terdiri dari penyetelan sudut geometris dan ukuran yang terdapat pada roda-roda depan, komponen dari sistem suspensi, komponen sistem kemudi setelah terpasang pada body. 

Fungsi wheel aligment (geometri roda)

     Fungsi dari wheel aligment atau geometri roda ini adalah untuk memaksimalkan kerja sistem kemudi, menstabilkan kendaraan, menghasilkan daya balik kemudi yang baik dan mencegah terjadinya keausan yang lebih cepat.

Faktor-faktor wheel aligment :

Wheel aligmen terdiri dari beberapa faktor-faktor yaitu :
  • Camber
  • Steering axis (king pin) inclination
  • Caster
  • Toe angle
  • Turning radius
Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda
Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda

Pengaturan sudut sudut ini setiap kendaraan berbeda-beda, semuanya tergantung dari sistem suspensi yang digunakan, jenis sistem kemudi dan sistem penggerak roda yang digunakan.
Di lain kesempatan akan saya jelaskan tentang faktor faktor wheel aligment secara lebih rinci. D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar