Gabungan dari sistem kemudi dengan sistem suspensi harus menghasilkan
stabilitas kendaraan, yaknni stabilitas dalam hal mengemudi mobil dan
juga daya balik kemudi yang baik.
Jadi untuk menghasilkan stabilitas kendaraan, maka sistem suspensi dan
sistem kemudi perlu diatur/di setel. Pengaturan inilah yang disebut
dengan spooring atau wheel aligment.
Pengertian wheel aligment
Wheel aligment adalah penyetelan sudut geometeris seperti camber,
steering axis incination, caster, toe angle dan turning radius, untuk
menghasilkan stabilitas kendaraan, stabilitas pengemudian serta membuat
komponen-komponen yang berkaitan (komponen sistem kemudi, sistem
suspensi, ban dll) menjadi lebih awet. Definisi dari wheel aligment juga
dapat diartikan sebagai suatu penyetelan yang meliputi komponen
suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan.
Front Wheel aligment terdiri dari penyetelan sudut geometris dan ukuran
yang terdapat pada roda-roda depan, komponen dari sistem suspensi,
komponen sistem kemudi setelah terpasang pada body.
Fungsi wheel aligment (geometri roda)
Fungsi dari wheel aligment atau geometri roda ini adalah untuk
memaksimalkan kerja sistem kemudi, menstabilkan kendaraan, menghasilkan
daya balik kemudi yang baik dan mencegah terjadinya keausan yang lebih
cepat.
Faktor-faktor wheel aligment :
Wheel aligmen terdiri dari beberapa faktor-faktor yaitu :
- Camber
- Steering axis (king pin) inclination
- Caster
- Toe angle
- Turning radius
Pengertian dan fungsi wheel aligment / geometri roda |
Pengaturan sudut sudut ini setiap kendaraan berbeda-beda, semuanya
tergantung dari sistem suspensi yang digunakan, jenis sistem kemudi dan
sistem penggerak roda yang digunakan.
Di lain kesempatan akan saya jelaskan tentang faktor faktor wheel aligment secara lebih rinci. D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar